Pemerintah akan memberikan kemudahan bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri untuk mendapatkan rumah melalui KPR.

Sahabat pembaca Info ASN, sudah tahukah anda bahwa Pemerintah akan memberikan kemudahan bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polisi Republik Indonesia (Polri) untuk mendapatkan rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR). Adapun kemudahan ini masih dalam kajian dan belum diputuskan.

Kemudahan diberikan pemerintah bersama dengan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan memberikan KPR tanpa uang muka (down payment/DP Rp0). Ini merupakan ide yang disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat rapat terbatas dengan Presiden di Istana Negara.

Bambang yang ditemui di kantornya mengatakan, KPR ini diberikan kepada semua ASN, TNI dan Polri untuk memudahkan memiliki rumah. 

"Intinya kredit kepemilikan rumah yang opsional. Jadi ASN, TNI, Polri, disediakan opsi apabila membutuhkan rumah maka ada kredit yang dasarnya kredit multiguna tanpa DP, jadi nol DP-nya dan tenornya lebih panjang dari biasanya," ungkapnya, Selasa (17/4/2018).

Dia menjelaskan, kemudahan lain yang diberikan pemerintah adalah dengan masa tenor yang lebih panjang dari KPR biasanya.

"Jadi kalau KPR biasanya 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan bisa melewati usia pensiun, sehingga ini akan meringankan ASN, TNI, Polri apabila mereka ingin punya rumah," jelasnya.

Namun ini hanya pilihan sehingga jika para abdi negara ini tidak ingin melalukan tidak masalah.

"Kalau mereka enggak butuh rumah enggak usah. Tapi kalau mereka butuh dimungkinkan dan nanti metode cicilannya langsung payroll dan gajinya," kata dia.

Selain itu, bunga yang diberikan akan lebih baik dari bunga KPR yang ada saat ini.

"Cuma untuk pegawai negeri dan TNI, Polri dan didukung Taspen dan Asabri, kita dorong supaya enggak ada DP, tingkat bunganya relatif lebih baik dari bunga market dan yang ketiga cicilannya lebih panjang, bisa sampai 30 tahun," tukasnya.

Berita ini bersumber dari Okezone.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar