Pendaftaran Seleksi Best Practice Guru Tahun 2020



Sahabat pembaca Info ASN, sudah tahukah anda bahwa dalam rangka mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Pancasila Goes to Mall 2020 (PGM 2020).

Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, salah satunya adalah kegiatan Kuis Guru dan Siswa Berkarakter.Dalam kegiatan kuis tersebut terdapat 3 (tiga) tahapan kegiatan, yaitu: (1) Tahap penyisihan (melibatkan guru); (2) Tahap semifinal (melibatkan guru dan siswa); (3) Tahap Grand Final (melibatkan guru dan siswa).

 

Pada tahap penyisihan, kami membuka kesempatan kepada Bapak dan Ibu guru untuk mengikuti tahap penyisihan dengan kegiatan Penulisan Best Practice Guru Tahun 2020 yang bertujuan untuk menyeleksi calon peserta Pancasila Goes to Mall  2020 (PGM) dan memberikan Apresiasi bagi Guru-Guru di Seluruh Indonesia yang telah berusaha keras mencoba dan melakukan Inovasi Pengembangan Pembelajaran melalui Praktik-Praktik Terbaik (Best-Practicedalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan termasuk salah satunya Peningkatan Mutu Guru guru dalam mengembangkan karakter peserta didiknya. Pendaftaran calon peserta dibuka mulai tanggal 6 s.d. 13 Juni 2020. Tema kegiatan ini adalah “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru Sebagai Inspirasi Dalam Menghadapi Masa Normal Baru” dengan beberapa subtema sebagai berikut:

 

1. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Di Kelas (Kode PGM 001/2020)

2. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Kode PGM 002/2020)

3. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah   (Kode PGM 003/2020)

4. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kemitraan Dengan Keluarga, Masyarakat, dan Instansi Pemerintah atau Swasta    (Kode PGM 004/2020)

 

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan ini dapat diunduh pada tautan :  Download Best Practice Guru 2020 

Pendaftaran peserta melalui tautan: http://ringkas.kemdikbud.go.id/qt858i

Pengiriman naskah Best Practice Guru Tahun 2020 dan Surat Pernyataan Keaslian Naskah: http://ringkas.kemdikbud.go.id/qt858i atau dikirimkan melalui alamat email : bangprofptkpknips@gmail.com 

 

 

PENGUMUMAN

NOMOR: 1320/B6.12.12/GT/2020

 

PENDAFTARAN SELEKSI BEST PRACTICE GURU TAHUN 2020

 

Dalam rangka mendorong aktualisasi nilai-nilai Pancasila, PPPPTK PKn dan IPS meyelenggarakan kegiatan Pancasila Goes to Mall. Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, salah satunya adalah kegiatan Kuis Guru dan Siswa Berkarakter.Dalam kegiatan kuis tersebut terdapat 3 (tiga) tahapan kegiatan, yaitu: (1) Tahap penyisihan (melibatkan guru); (2) Tahap semifinal (melibatkan guru dan siswa); (3) Tahap Grand Final (melibatkan guru dan siswa).

Pada tahap penyisihan, kami membuka kesempatan kepada Bapak dan Ibu guru untuk mengikuti tahap penyisihan dengan kegiatan Penulisan Best Practice Guru Tahun 2020 yang bertujuan untuk menyeleksi calon peserta Pancasila Goes to Mall dan mengapresiasi praktik terbaik (best practice) guru dalam mengembangkan karakter peserta didik. Pendaftaran calon peserta dibuka mulai tanggal 6 s.d. 13 Juni 2020. Tema kegiatan ini adalah Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru Sebagai Inspirasi Dalam Menghadapi Masa Normal Baru dengan beberapa subtema sebagai berikut:

 

  1. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran Di Kelas (Kode PGM 001/2020)
  2. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Kode PGM 002/2020
  3. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah (Kode PGM 003/2020)
  4. Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kemitraan Dengan Keluarga, Masyarakat, dan Instansi Pemerintah atau Swasta (Kode PGM 004/2020)

 

A.      KETENTUAN UMUM

  1. Kegiatan ini terbuka bagi Guru dari seluruh Indonesia.
  2. Pendaftar adalah Guru kelas jenjang SD/MI atau Guru mapel PPKn dan IPS yang berada pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, atau SMK/MAK.
  3. Pendaftar wajib memiliki NUPTK.
  4. Pendaftar bertempat tinggal di wilayah NKRI.

 

B.       KETENTUAN KHUSUS

  1. Pendaftar wajib memilih salah satu subtema di bawah ini:

a.      Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran di Kelas

Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam pembelajaran PPKn atau IPS atau tematik SD dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila yang dapat menginspirasi guru-guru lain untuk melakukan kegiatan sejenis.

 

b.      Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menumbuhkembangkan karakter mulia pada diri peserta didik dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

 

c.      Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah

Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui pembiasaan perilaku positif, tradisi positif, dan unsur-unsur budaya sekolah lainnya di lingkungan sekolah selain kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler.

 

d.     Praktik Terbaik Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta Didik Melalui Kemitraan dengan Keluarga dan/Masyarakat

Subtema ini mendeskripsikan upaya-upaya kreatif yang telah dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik melalui kegiatan yang melibatkan pihak-pihak lain yang menjadi mitra sekolah seperti keluarga, masyarakat, instansi pemerintah atau swasta, dan sejenisnya.

 

  1. Pendaftar wajib mengisi biodata dan mengirimkan 1 (satu) naskah Best Practice dengan format KTI.
  2. Pendaftaran, pengiriman naskah Best Practice beserta Surat Pernyataan Keaslian Karya dibuka mulai tanggal 6 s.d. 13 Juni 2020 melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/qt858i dan dapat juga dikirim melalui alamat email: bangprofptkpknips@gmail.com
  3. Naskah Best Practice dikirim dalam bentuk file dengan format PDF.
  4. File naskah Best Practice wajib diberi nama dengan ketentuan sebagai berikut:

Nama_Pengirim_Asal_Sekolah_Kab/Kota_Prov_PGMKTI

Contoh: Adi_Nugroho_SD_Blimbing_1_Kota Malang_Jawa Timur_PGMKTI

 

  1. Naskah Best Practice merupakan asli hasil karya sendiri, bukan karya orang lain, belum pernah memperoleh predikat juara I, II, atau II pada lomba lain sejenis, tidak sedang diikutkan pada lomba KTI/ Best Practice lain, dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah Best Practice harus memenuhi sistematika penulisan yang ditetapkan panitia.
  3. Sistematika dan Template penulisan naskah Best Practice (terlampir)
  4. Hasil seleksi naskah Best Practice akan diumumkan pada tanggal 18 Juni 2020 pukul 10.00 WIB melalui laman https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/pengumuman
  5. Para peserta yang lolos akan memperoleh sertifikat penghargaan dan diberi kesempatan untuk mendiseminasikan Best Practice mereka melalui webinar. Webinar direncanakan diadakan pada tanggal 22 s.d. 24 Juni 2020.
Berita ini bersumber dari PPPPTK PKN IPS
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar